SEPERTI BOLA SALJU

Snow ball slides downhill and speeds up.
Seperti Bola Salju yang Menggelinding
(Baca: Kejadian 3:14-20)
 Bila Ada sebuah bola salju kecil kemudian digelindingkan turun dari atas ke bawah, maka kira-kira apa yang terjadi?  Bola salju yang kecil itu akan dibungkus oleh hamparan salju sepanjang perjalanan dan menjadi sangat besar pada waktu tiba di dasar.  Seperti inilah kehidupan manusia akan tertimpa bencana bila manusia membiarkan dosa-dosanya tidak dibereskan di hadapan Tuhan.
Adam dan Hawa setelah jatuh dalam dosa harus merasakan akibat dari perbuatannya.  Pertama, hubungan alam dengan isinya menjadi tidak stabil, tidak harmonis dan cenderung kacau.  Lihatlah dengan ulah manusia membuat alam ini rusak, banjir, longsor, udara tercemar polusi.  Hewan memakan hewan, manusia memakan manusia.
Kedua akibat manusia jatuh dalam dosa adalah kesakitan luar biasa bila seorang ibu melahirkan bayi secara normal dan untuk menjalani hidup yang lancar di dunia ini adalah tidak mungkin.  Dalam perkembangan sejarah, dapatlah diketahui bahwa ada ibu-ibu yang meninggal sewaktu melahirkan.  Rasa sakit melahirkan normal maupun caesar  juga tidak mudah untuk dijalani. 
Jangan heran kemudian di masa lalu hingga sekarang terjadi kesulitan bagi banyak orang untuk menjalani hidupnya.  Banyak orang sulit mencari pekerjaan, apalagi yang penghasilan dan pekerjaannya cocok.  Terjadi resesi global di masa lalu dan sekarang.  Banyak orang ditipu dan saling menipu untuk mendapatkan untung berlimpah dalam usaha, sehingga banyak pula korban yang dirugikan dan hidup semakin menderita.  Sebagian orang konflik dengan keluarga, teman dan rekan kerjanya sehingga membuat hidup ini stres.  Sebagian orang dengan permasalahannya mengakibatkan gangguan kejiwaan seperti paranoid, schizophrenia, phobia,hingga depresi berkepanjangan.
Semua yang terjadi adalah bagian dari gelombang awal dosa menggelinding dari sejak Hawa dan Adam.  Hubungan manusia dengan alamnya tidak baik dan sedang menuju kehancuran.
Syukur kepada Tuhan, karena kehadiran Yesus Kristus yang meremukkan kepala ular, mengalahkan neraka dan memberikan kemenangan kepada manusia untuk diselamatkan.  Dengan percaya dan mengikut Yesus maka manusia memperoleh kembali apa yang telah dihilangkannya di Taman Eden.  Manusia yang mati secara rohani dan akan segera mati secara jasmani dapat memperoleh kehidupan rohani dan kehidupan kekal.
Hanya orang-orang yang di dalam Tuhanlah yang dapat menggarami dunia yang membusuk ini.  Terang di tengah kegelapan dapat menuntun dunia yang buta menjadi lebih baik dan lebih sadar diri.  Kehadiran Kristus Yesus memampukan manusia menjadi lebih baik dan kembali kepada tujuan penciptaannya.
Hidup di dunia ini sulit dan banyak masalah, marilah kita tidak membuatnya makin hancur dan suram.  Bersama Kristus dan di dalam Kristus kita dapat membuat dunia lebih baik dan membuat hidup kita pribadi lebih baik. 
Kiranya Tuhan menolong kita menjadi bola salju yang baik bukan bola salju dosa.  Bola salju manusia baru akan menggarami, menerangi dan mempengaruhi orang di sekitar kita menjadi lebih baik, alam lebih seimbang dan hidup lebih damai.  Hanya bersama Sang Pencipta kita dapat menyelesaikan panggilan kita di dunia ini.  Kiranya Tuhan Yesus menolong kita.  Amin.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *