SUGIHARA: VISA FOR LIFE


SUGIHARA: VISA FOR LIFE
(Baca: Yohanes 15:1-17)
“Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap..” Yohanes 15:16b.
Namanya tidak begitu banyak dikenal orang, bahkan hingga matinya para tetangga disekitar rumah baru tahu bahwa Chiune Sugihara (杉原 千畝) adalah pahlawan kemanusiaan.  Era Perang Dunia II (1940) Sugihara menolong lebih 6000 pengungsi Yahudi dengan menerbitkan visa transit Jepang dari Kaunas, Lithuania.
Apa yang dilakukan Sugihara pada waktu itu adalah pengorbanan sangat besar teristimewa protokol kementrian Luar Negri pemerintah Jepang tidak memberikan ijin untuk para pengungsi Yahudi. Ia mengatakan, “Bila saya mengikuti kehendak pemerintahanku, maka saya sedang menodai apa yang menjadi kehendak Tuhanku.”  Pelayanan kabar baik yang pernah diterimanya sejak kuliah di Jepang dan baptisan yang diterima di Harbin, China rupanya tidak lenyap begitu saja tetapi justru dipegang teguh dan diamalkan dalam perbuatan mulia.
Sugihara mungkin tidak tahu banyak tentang teologi dan soteriologi, tetapi ia memaknai hidup Kristus yang berkorban bagi keselamatan manusia.  Sugihara bukan orang kaya yang terkenal tetapi menjalani hidup kesederhanaan dan berbuah sebagai utusan Kristus (Yohanes 15:16). Inilah yang menjadi panggilan setiap orang percaya agar berakar, bertumbuh dan berbuah dalam perbuatan baik.  Sugihara, satu orang Nasrani dapat membuat perbedaan bagi sejarah keselamatan.  Anda dan saya pun dipanggil pada kode etik yang lebih tinggi dari sekolah, pekerjaan, bahkan bangsa.  Sebuah kode etik kemanusiaan: keselamatan manusia.  Kiranya Tuhan menolong setiap kita untuk melakukan satu lagi perbuatan baik.  Amin.
SATU LAGI PERBUATAN BAIK DI DALAM KRISTUS TIDAK AKAN PERNAH SIA-SIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *