ROTI JAMURAN


ROTI JAMURAN
(Baca: Markus 8:14-21)
“Berjaga-jagalah dan awaslah terhadap ragi orang Farisi dan ragi Herodes.” (Markus 8:15).
Pernakah Anda makan roti jamuran?  Roti yang sudah tidak segar dapat ditumbuhi berbagai macam bakteri.  Dokter Michael P.Doyle, PhD (Direktur Centre for Food Safety dari Univeristas Georgia, Amerika Serikat) menyatakan bahwa memang ada makanan berjamur yang tidak beracun dan beracun.  Makanan yang jamuran dapat menyebabkan reaksi alergi dan keracunan yang disebut mycotoxinsdan aflatoxins.
Ketika murid-murid lupa bawa bekal makan siang di atas perahu, Yesus mengatakan, “Berjaga-jagalah dan awaslah terhadap ragi orang Farisi dan ragi Herodes.” (Markus 8:15).  Apa maksud Yesus.  Apakah ini yang disebut roti jamuran dan beracun?  
Roti tak beragi berkaitan dengan perayaan Paskah di Perjanjian Lama yakni bergegas makan roti tanpa difermentasi oleh ragi mengingatkan umat yang dibebaskan Allah dari penjajahan Mesir.  Roti tak beragi lambang kekudusan hidup.  Ragi Farisi dan Herodes adalah lambang hidup yang munafik dan gila harta, jabatan dan kekuasaan.  Yesus tidak bicara tentang teknis logistik tetapi bicara waspada akan hati yang beracun.
Godaan berbohong, mencuri, korupsi, termasuk semua usaha yang kelihatan baik bisa jadi lahir dari ketakutan, kekuatiran dan kurang percaya pada pemeliharaan Tuhan.  Ingat! Pengikut Kristus adalah densus 5512 dan densus 747.  Maksudnya orang-orang percaya adalah satu khusus dari Kristus yang  jadi berkat dari 5 roti untuk 5000 orang, sisa 12 bakul (5512) dan 7 roti untuk 4000 orang lebih 7 bakul (747).  Tuhan sanggup koq memberkati Anda dan saya secara berlimpah bahkan memberkati banyak orang lewat keterbatasan kita.  Jangan makan roti yang sudah jamuran!  Makan roti sehat berkat Tuhan saja!
INGAT KITA ADALAH DENSUSNYA ALLAH.  TUHAN SANGGUP MEMBERKATI BAHKAN LEWAT KETERBATASAN KITA. MARI GUNAKAN CARA HIDUP YANG TUHAN MAU.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *