NATAL DULU DAN SEKARANG

natal2

NATAL DULU DAN SEKARANG

(Baca: Lukas 2:11)

natal2

       Apa beda perayaan Natal dahulu dan sekarang? Natal sekarang kerap dihiasi dengan ornamen lampu, pohon dan dekorasi indah. Natal mula-mula dalam kesederhanaan. Natal sekarang kerap tidak lepas dari belanja, hadiah dan kesibukan acara. Natal mula-mula dirayakan dalam keterbatasan, pengembaraan dan ancaman mati.

       Dokter Lukas mencatat bagaimana bayi Yesus, yakni Tuhan yang jadi manusia yang seharusnya disambut mewah dan luar biasa oleh manusia, tetapi justru tidak memiliki tempat yang layak (Lukas 2:7). Tuhan sengaja memilih hadir dalam keluarga Yusuf dan Maria yang miskin itu. Tuhan mengetahui ketulusan dan totalitas hati Yusuf dan Maria dalam mengikut-Nya.

       Hari ini tidak semua orang merayakan Natal. Ada yang bahkan dilarang mengucapkan selamat hari Natal kepada umat Nasrani karena haram hukumnya. Ada yang sengaja menebar teror di tengah bulan desember untuk agenda politiknya. Mari jangan berkecil hati apabila merayakan kelahiran Yesus dalam kesederhanaan. Mari jangan puas diri karena merayakan Natal di tempat mewah dan berlimpah makanan, melainkan bersyukur apabila pujian dan penyembahan kita diperkenan oleh-Nya.

       Natal menjadi istimewa bukan karena bungkus nya, tetapi isi-Nya. Perayaan Natal yang berhasil bukan dinilai semata dari acaranya tetapi penghayatan nya. Mungkin saat merayakan Natal tahun ini, kita tengah bergumul dengan masalah perekonomian, keluarga, pekerjaan, kesehatan bahkan kekuatiran masa depan. Ingatlah bahwa Natal mula-mula dimulai bukan dalam keadaan sempurna, tetapi kemiskinan dan ancaman maut. Untuk itulah Natal hadir memberi harapan ditengah ketidakpastian, terang di tengah kegelapan dan kedamaian di tengah hiruk pikuk keadaan dunia. Ketika Yesus hadir dalam hidup Anda, maka Terang itu akan bercahaya. Amin.

KETIKA YESUS HADIR DALAM HIDUP ANDA, MAKA TERANG ITU AKAN BERCAHAYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *