MATA DAN TELINGA

11

MATA DAN TELINGA
Telinga yang mendengar dan mata yang melihat, kedua-duanya dibuat oleh Tuhan (Amsal 20:13).
Betapa sederhana kelihatannya kalimat ini.  Telinga ya untuk mendengar.  Mata ya untuk melihat.  Kenyataannya, sering kali telinga dipakai untuk mendengar gosip dan mata dipakai melihat apa yang seharusnya tidak pantas dilihat.  Buahnya adalah susah, sedih, cemas, gelisah yang berakhir pada penderitaan.
Amsal Salomo dikenal sebagai orang berhikmat karena ia belajar arti takut akan Tuhan. Sikap menghormati Tuhan inilah yang memampukan Salomo menulis kata-kata bijak tentang kehidupan sehari-hari.  Mata dan telinga adalah indera manusia dalam berkomunikasi, khususnya mengetahui dunia luar. Alkitab terjemahan bahasa Inggris The Messagemenuliskan bahwa mata dan telinga adalah perlengkapan dasar yang diberikan Tuhan kepada manusia (Proverbs 20:13). Artinya mata dan telinga bukan sekedar ciptaan Tuhan tetapi alat-Nya yang dititipkan kepada kita untuk digunakan dengan semestinya apabila kita ingin mendapatkan yang baik dan mulia.
Orang yang malas, baik itu malas bekerja ataupun malas melakukan hal-hal yang baik dan benar  adalah orang yang miskin. Sebaliknya orang yang rajin, baik itu rajin menggunakan mata dan telinganya untuk hal-hal yang benar maka akan menikmati kepuasan dari hal yang disebut kebenaran.
Kiranya Tuhan menolong kita menggunakan telinga untuk mendengar Firman Tuhan dan mata untuk melihat pekerjaan Tuhan.  Kiranya melalui perkataan dan perbuatan kita menggenapkan, “Apa yang baik, yang manis, yang sedap didengar, yang patut dipuji dan disebut kebenaran”.
MATA DAN TELINGA ADALAH CIPTAAN TUHAN, BILA DIGUNAKAN UNTUK TUHAN AKAN MENGHASILKAN YANG TERBAIK DARI HIDUP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *