KUALITAS KERJA

walk-with-jesus

KUALITAS KERJA
Dan siapapun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil,
berjalanlah bersama dia sejauh dua mil. Matius 5:41
Zig Ziglar pernah mengatakan: “Jika kita mengerjakan lebih baik dari pada yang dibayarkan, akhirnya kita akan dibayar lebih dari pada yang kita kerjakan.”  Inilah motto hidup dari orang yang mengerjakan bukan sekedar untuk upah yang diterima tetapi bekerja berdasarkan kualitas produktivitas.
Saya pernah melihat tukang yang bekerja sangat giat ketika diawasi dan cenderung malas bekerja tanpa pengawasan.  Entah karena letih atau malas yang pasti ia berhenti bekerja sambil bercerita dan tertawa terbahak-bahak dan pulang sebelum jam kerjanya selesai.
Kecenderungan orang banyak adalah berbuat sesuatu dengan prinsip mendapatkan sebanyak mungkin dengan kehilangan sesedikit mungkin.  Mulai dari membeli barang hingga etos kerja yang hitung-hitungan.
Berbeda halnya dengan apa yang diajarkan Yesus dalam khotbah di bukit.  Yesus menunjukkanetos kerja hidup Kristen yang berbeda dengan dunia.  Gaya hidup Kristen yang diajarkan Kristus dilandaskan bukan pada perhitungan untung rugi, tetapi tujuan yang bertolak dari kasihdan memancar pada kualitas kerja.
Ketika kita melayani adakah kita hitung-hitungan terhadap pekerjaan Tuhan? “Tuhan jika saya sudah banyak melayani dan memberikan persembahan, apakah yang Engkau berkatkan kepadaku?”  barangsiapa melayani Tuhan dengan hitung-hitungan akan dipermalukan dengan kenyataan betapa Tuhan memberi lebih dari apa yang kita sanggup bayangkan.
Marilah kita bertanya kembali kepada motivasi hati kita—entah itu melayani, bekerja di kantor,di rumah dst.—apakah kita melayani berdasarkan apa yang kita dapat ataukah kita melayani dengan motivasi kasih kepada Tuhan dan sesama?
Kiranya Tuhan menolong kita untuk hidup melayani dengan gaya hidup Kristen.  Bukan sekedar melayani berdasarkan kemampuan, tetapi melayani berdasarkan kualitas kerja terbaik yang didorong oleh panggilan Tuhan.  Kiranya Tuhan menolong kitaberkarya bagi Dia, oleh Dia dan di dalam Dia.  Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *