KANKER IRI HATI

contentment


KANKER IRI HATI
(Baca: Markus 3:1-6)
“Ulurkanlah tangamu!“  Dan ia mengulurkannya, maka sembuhlah tangannya itu. Markus 3:5b
Kamus Oxford mendefinisikan kata “kanker“ sebagai penyakit tidak terkontrol dari sel-sel yang abnormal di dalam tubuh.  Kanker berasal dari kata Yunani karkinos yang artinya merayap, menjalar ke seluruhnya.  Iri hati boleh disebut sebagai kanker ketika dosa yang satu ini tidak dibereskan.
Fakta menunjukkan bahwa di lingkungan agamawi dapat muncul kanker iri hati seperti yang tampak para pemuka agama yang disebut Farisi dan Herodian (Markus 3:6, bdk.Matius 27:18)).  Sekilas telisik  mengungkapkan bagaimana Kain membunuh Habel karena iri hati (Kejadian 4); Yusuf dijual saudara-saudarnya karena iri hati (Kejadian 37); Musa dimosi tidak percaya kepemimpinannya  oleh Harun dan Miryam karena iri hati (Bilangan 12); Saul berulang kali hendak membunuh Daud karena iri (I Samuel 18); Nabot mati keji karena iri hati raja Ahab (I Raja-raja 21) bahkan Yesus disalib pun karena iri hati oleh tokoh masyarakat, Ahli Taurat (Matius 27:18).  Rupanya kanker iri hati bukan hanya menjangkiti orang miskin dan “kecil“ tetapi juga dapat menggerogoti orang dekat maupun “besar“.
Iri hati bermula dari sejarah manusia Adam dan Hawa ketika merasa berhak memiliki apa yang bukan miliknya (Kejadian 4). Iri hati yang terus dipupuk dan tidak dibereskan dalam pertobatan akan menghasilkan dengki dan membuahkan kejahatan mulai dari trik politik keji hingga pembunuhan sadis.  Anda dan saya sama sekali tidak kebal terhadap kanker dosa ini. Waspada dengan pikiran membandingkan, “kenapa orang lain punya atau lebih dari saya?“ dari pada belajar bersyukur dan bekerja dengan jujur dan smart. Kiranya hati ini terus di cek up oleh Dokter Ilahi. AWAS KANKER IRI HATI!
BELAJAR MENGUCAP SYUKUR ADALAH VITAMIN YANG KUAT DAN BERDOSIS TINGGI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *