ANDA MEMPUNYAI MASALAH?

JesusWineAtCanaWedding-1

ANDA MEMPUNYAI MASALAH?
Yohanes 2:1-11
Setiap keluarga mempunyai masalah sendiri; demikian pula setiap orang.  Pemecahan masalah dilakukan secara bermacam-macam: mulai dari pengenalan masalah dengan lebih baik; pengantisipasian masalah yang mungkin terjadi; sampai perencanaan ke depan.  Kesemuanya itu baik, namun bukankah semuanya itu masih dalam keterbatasan manusia yang kerap kali masih dipusingkan dengan masalahnya?  Bagaimana menyelesaikan masalah yanga ada; atau setidaknya menghadapinya dengan baik?
Kisah perkawinan di Kana yang terkenal dengan mujizat Yesus pertama kali dicatat sebagai peristiwa unik di mana Allah menunjukkan kemurahan kepada manusia.
Waktu itu Maria juga hadir di pesta perkawinan di Galilea itu dan mengetahui pula keadaan tuan rumah yang kehabisan anggur.  Adalah sesuatu yang sangat memalukan bila sebelum akhir pesta perkawinan (ada yang hingga sekitar 7 hari); jamuannya sudah habis lebih dahulu.  Apakah tuan rumah tidak mempersiapkan rencana dengan baik?  Apakah tamu-tamu yang hadir sangat kehausan dan kelaparan? Apapun sebabnya; saat itu masalah begitu besar:diambang kegagalan pesta.
Maria prihatin terhadap masalah tuan rumah itu.  Ia percaya dan melihat bahwa satu-satunya solusi atas segala masalah manusia dapat datang kepada Yesus.  Bukankah Yesus Kristus adalah Tuhan yang menjadi manusia dalam segala kesediaan untuk merendahkan diri melayani?  Inilah yang mendorong Maria berkata kepada para pelayan untuk mengikuti perintah Yesus.  Ada kemungkinan Maria terlibat dalam panitia perayaan atau masih ada hubungan kerabat jauh dengan pengantin baru itu.
Yesus akhirnya menyelesaikan masalah dengan meminta menuangkan air ke dalam 6 tempayan yang berisi 2-3 buyung (ayat 6).  Perkiraan isinya adalah 31 lt/buyung x 3/tempayan x 6tempayan= 560 lt.  Jumlah yang banyak dengan kualitas yang sangat baik (ayat 10).  Mujizat Yesus pertama kali mengubah air menjadi anggur diketahui oleh para pelayan yang taat mengikuti perintah Yesus.  Semula tampaknya seperti tidak masuk akal; namun ketika mereka taat; mereka melihat kuasa Allah dinyatakan.
Masalah dalam hidup ini amat bervariasi dan tidak jarang membuat kesulitan yang sangat amat bagi seseorang.  Di sinilah saatnya bagi setiap orang untuk kembali melihat bahwa: Tuhan Yesus Kristus mampu menolong kita dengan segala masalah yang kita hadapi; apapun dan bagaimanapun masalah itu adanya.
Yesus Kristus meminta ketaatan dari kita agar Ia dapat bekerja melalui dan di dalam kita.  Kristus ingin agar setiap orang percaya dapat menghadapi bahkan menyelesaikan masalahnya; bahkan lebih dari itu:menjadi berkat bagi penyelesaian masalah orang lain.  Apapun dan bagaimanapun Tuhan meminta kita melakukan sesuatu adakah kita bersedia dengar dan taat?  Mohon Tuhan menolong kita.  Amin.

2 Comments

  1. Ko Jeff, xie2 buat renungan kali ini.
    saya bener2 terberkati, jadi tambah semangat dalam melalui masalah2 saya.

    Saya mau sharing sedikit tentang apa yang saya alami terkait dengan pembahasan kali ini.

    Beberapa hari ini, saya terikat dalam masalah saya. Semua orang yang menghadapi masalah pastinya ingin segera keluar dari masalahnya, begitu pula dengan saya. Saya berpikir keras bagaimana untuk keluar dari masalah saya. Tapi setiap kali saya berpikir, saya tidak menemukan jalan keluar. Saya tidak tahu harus bagaimana lagi dan akhirnya lama-kelamaan saya menjadi frustasi. Boleh dikatakan saya mulai depresi. Saya mulai menyalahkan keadaan. Seandainya dulu tidak begitu, maka sekarang saya tidak akan menghadapi masalah ini.

    Yeah, jika keadaan saya selalu seperti ini, hal ini akan berakibat kepada kegiatan2 yang saya lakukan. Tugas-tugas yang saya kerjakan hasilnya pasti tidak akan memuaskan dan malah membuat saya tambah depresi.

    Saya lalu menceritakan inti masalah saya kepada orang tua saya dan saya dianjurkan untuk berdoa dan PASRAH kepada Tuhan.

    Kemudian saya teringat, yeaaah, saya punya Tuhan, saya tidak sendirian. Saya kemudian membawa masalah saya dalam doa dan benar-benar PASRAH pada Tuhan.

    Finally, entah mengapa (pastinya itu semua karena kasih Tuhan =], mulai kemarin saya sudah mulai bisa sedikit ceria lagi, dan tidak merasa sangat terbebani oleh masalah saya. Saya bisa berpikir jernih lagi dan mulai melakukan perbaikan-perbaikan diri.

    Kita semua pastinya punya masalah, mulai dari masalah kecil hingga masalah besar. Tak jarang kita hanya mengandalkan kemampuan kita, dan hasilnya….kita tetap terjerumus dalam masalah kita. Seringkali kita lupa kalau kita punya Tuhan bisa melakukan apa yang tidak bisa kita lakukan, Tuhan yang mengangkat kita saat kita jatuh, yang menopang kita di saat kita lemah.

    P.S :
    waduh, tadi sebenarnya sudah nulis komen panjang2 dan sudah klik “Poskan Komentar”, tapi ternyata pas cek ke blog ini lagi, ga muncul :'(
    tapi saya tidak patah semangat untuk nulis (ngetik) lagi, hehehe =]

  2. ini adalah pesta yg termahal, krn ada 560 ltr anggur terbaik (1 ltr anggur terbaik harganya brp ya??? tinggal kalikan aja ya…) & ini pesta yg terlama, buktinya pestanya belum berakhir, anggur terbaiknya masih tetap ada khan? he he he he he he… Gbu (eri elias)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *